Wednesday, March 17, 2010

Sebuah Pengabdian

Kerjakanlah apapun yang mampu kau kerjakan, selama itu baik dan benar, tapi jangan pernah berharap akan pujian dari siapapun. Terkadang kau bahkan akan mendapatkan kritikan atau hinaan dari pekerjaanmu itu, tapi tetaplah teguh dan bersabar, selama yang kau kerjakan itu kau yakini kebenarannya.
Kembangkanlah rasa ikhlas dalam semua pekerjaanmu, semata sebagai ibadah karena Allah SWT. Yakinkanlah hatimu, bahwa Tuhan Maha Tahu terhadap apa yang kau kerjakan. Untuk itu, selalu berpegang pada prinsip kejujuran, dalam semua hal yang kau perbuat.
Sesungguhnya pujian itu tidak sedikitpun membawa kebaikan bagi dirimu, tetapi kadang akan membuat dirimu menjadi sombong, karena berbangga hati. Sementara kritikan dan hinaan tidak sedikitpun membuat dirimu jatuh, selama kau berpegang pada kebenaran dan kejujuran. Kritikan dan hinaan ini, seandainya kau bisa mengambil hikmahnya, malah akan membuatmu menjadi lebih baik dan lebih besar. Mengapa lebih baik? sebab kritikan dan hinaan akan membuatmu melakukan introspeksi terhadap setiap kekurangan dalam semua pekerjaanmu, sehingga apa yang kau kerjakan dikemudian hari bisa kau sempurnakan dengan melihat kekuranganmu dihari yang lalu. Sedangkan mengapa bisa membuatmu menjadi lebih besar? karena kritikan dan hinaan sesungguhnya akan membuatmu menjadi lebih tegar dan tabah, asalkan kau mau bersabar. Apalagi yang lebih baik dari sebuah hati yang tegar dan tabah dalam menghadapi setiap kemelut dalam kehidupan ini? Bukanlah hidup, seandainya semua hal yang kau lalui itu datar-datar saja. Hidup yang sesungguhnya adalah hidup dengan penuh ujian, tetapi kau dapat melalui setiap ujian itu.
Jangan menggerutu apalagi mengeluh terhadap sebuah kritikan ataupun hinaan, sebab hal itu hanya akan membuat dirimu menjadi lemah. Tapi, yakinkanlah hatimu, bahwa apapun yang kau lakukan adalah ibadah karena Allah SWT, niscaya kau akan temukan kekuatan dalam setiap langkahmu. Biarkan Tuhan yang menilai pekerjaanmu, bukan manusia. Sebab kau hidup didunia ini karena perintah Allah SWT, bukan karena perintah dari manusia. Oleh karena itu, jadilah khalifah dimuka bumi ini, seperti perintah Nya. Khalifah adalah wakil dari Tuhan. Maksudnya, kita berbuat dimuka bumi ini, dengan berpegang pada sifat-sifat Tuhan Yang Maha Baik, niscaya kau akan temukan kebaikan dan akan membuat hatimu menjadi damai. Sesungguhnya, hidup ini adalah sebuah pengabdian terhadap Nya, sehingga dampak dari pengabdianmu terhadap Nya itu akan membawa kebaikan bagi seluruh umat Nya dimuka bumi ini, insya Allah...

No comments:

Post a Comment