Tuesday, March 2, 2010

Menerima Ketetapan Nya

Tuhan mempunyai dua ketetapan bagi umat Nya, berupa takdir baik maupun takdir buruk. Walaupun kita sudah mengetahui hal itu, seringkali merasa sulit menerima ketetapan Nya yang berupa takdir buruk, seperti penyakit, musibah, dan lain sebagainya.
Bukankah keduanya adalah anugrah Tuhan bagi umat Nya yang harus selalu disyukuri, walau seburuk apapun ketetapan Nya itu. Seperti janji Nya dalam surat Al-Insyiroh, bahwa dibalik kesulitan ada kemudahan...
Takdir buruk yang Tuhan limpahkan pada umat Nya tentu saja terdapat kebaikan didalamnya, seandainya kita bisa mengambil hikmah dari setiap kejadian. Setidaknya, takdir buruk yang dilimpahkan Nya pada kita membuat kita jadi lebih mendekatkan diri pada Nya, membuat kita lebih tabah, tegar, dan bersabar, serta lebih membuat kita menyadari bahwa jangan mencintai apapun didunia ini melebihi cinta kita kepada Nya.
Sedangkan, takdir baik yang Allah limpahkan terhadap setiap umat Nya tentunya akan mempertebal keimanan kita terhadap Nya, bukan membuat kita menjadi manusia yang sombong ataupun bangga terhadap diri sendiri.
Untuk itulah, terhadap setiap ketentuan Nya, baik itu berupa takdir baik ataupun takdir buruk, sudah seharusnya kita syukuri, dan mengambil hikmah dari setiap kejadian...Insya Allah...

No comments:

Post a Comment